Jumat, 11 November 2011

Tentang STP2K

         STP2K ( Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan ) memiliki tugas dalam pembinaan terhadap siswa sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut.  Tim ini melakukan kegiatan pencegahan, penindakan dan penanggulangan terhadap segala bentuk pelanggaran terhadap aturan tata tertib. Mulai dari pelanggaran terhadap penggunaan kelengkapan seragam sekolah, kedisiplinan dalam kegiatan belajar,  sampai dengan tingkah laku siswa yang merugikan selama di lingkungan sekolah tersebut. Semua pencegahan tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan susana yang lebih baik, kondusif, menuju sekolah yang tertib, teratur dalam segala hal, termasuk dalam mematuhi tata tertib atau aturan yang ada.
         Kurangnya ketertiban dan kedisiplinan siswa sebagai suatu masalah di sebuah sekolah, apalagi pada jenjang sekolah menengah kejuruan yang siswa- siswanya beranjak dewasa dan mulai belajar mengenal jati diri pribadinya, dimana siswa sering melakukan tindakan pelanggaran terhadap peraturan tata tertib di sekolah tersebut. Kondisi yang tidak menguntungkan dan cukup memprihatinkan ini, secara umumnya membentuk Tim Ketertiban Sekolah agar sekolah menjadi lebih baik. Dalam pelaksanaannya kerja dari Tim STP2K selalu mengalami banyak kendala dilapangan. Selain harus membutuhkan dukungan dari semua pihak juga butuh kepedulian yang tinggi dari semua elemen yang ada, misalnya dukungan dari orang tua siswa untuk lebih memperhatikan pergaulannya di lingkungan luar sekolah, serta tak lupa semua guru yang memiliki tanggung jawab di sekolahnya.
         SMK Negeri 5 Surakarta mulai membenahi diri dalam segala bidang, termasuk di dalamnya adalah masalah ketertiban dan kedisiplinan Siswa baik dari segi berpakaian, penampilan, proses praktikum, pembelajaran sampai kegiatan ekstra. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan pelaksanaan proses interaksi social di sekolah serta kegiatan pengembangan diri siswa yang lebih baik. STP2K merupakan sarana menertibkan setiap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, tentu akan bertindak tegas sesuai peraturan yang berlaku di SMK Negeri 5 Surakarta, dengan harapan akan menciptakan sekolah terdepan dalam segala bidang yang diawali dengan ketertiban dan kedisiplinan.  Mari kita dukung ketertiban dan kedisiplinan di SMK Negeri 5 Surakarta, dengan berlaku sesuai dengan tata tertib yang ada, agar tercipta suasana yang lebih baik dan kondusif.
 SMK Negeri 5 Surakarta Terdepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar